Rabu, 29 Desember 2010

Cara Komputer Anda, Aman VIRUS

Antivirus adalah suatu metode untuk menangkal datangnya virus. Virus yang dimaksud adalah virus komputer. Antivirus ini terbuat dalam bentuk software. Antivirus terbaik adalah anti virus yang tdk gratis, alasannya tentu karena kinerjanya lebih baik.
Tips – tips supaya komputer aman dari virus :
Preset configuration :
- Tampilkan semua hidden files, system files, dan file extension

- Gunakan tampilan detail pada windows explorer
- Sort file berdasarkan tipenya

Tipsnya:
1. Isolasi komputer anda dari dunia luar.
2. Jika ‘terpaksa’ komputer harus ditancapkan flash drive, tetapi flash drive tersebut mencurigakan, lakukan langkah berikut :
a. Tahan shift kiri dengan tangan kiri dan tancapkan flash drive
b. Jika ada ‘file mencurigakan’ delete terlebih dahulu. Biasanya nama file tersebut seperti autorun.inf, %namavirus%.exe, %virusnginjeksi%.exe, %sesuatu%.com, %sesuatu%.scr, %sesuatu%.vbs
3. Saat browsing, surfing atau semacamnya, pastikan situs yang anda kunjungi aman. Situs yang aman biasanya sering orang-orang gunakan, bukan komunitas virus, bukan website yang habis kena hack, bukan situs bokep dan bukan situs crack.
4. Misalnya anda mendownload file dari internet. Pastikan yang anda download itu bukan ware-ware ga jelas (spyware,malware) dan berasal dari situs yang terpercaya. Jangan mau jika sebuah situs memaksa anda menginstall program tambahan pada komputer anda. Misalnya megaupload memaksa anda menginstall ‘MUT’ untuk bisa mendownload. Sebaiknya pemaksaan ini anda akali dengan menginstall plugin Megaupload 3 di Firefox.
5. Misalnya, tanpa sekehendak anda file-file di flashdisk ‘hilang semua’. Besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh virus rese. Cara menormalkannya kembali (lihat gambar).

6. Jika virus menginjeksi file *.exe (ukurannya lebih besar), *.doc, atau *.xls, gunakan recovery tools.
7. Jika akan ada teman anda mau menancapkan flash drivenya ke komputer anda, coba analisa dulu. Banyaknya, kalo orang mukanya ngga bersih, murem, cupu di komputer dan jorok, besar kemungkinan flash drivenya kotor. Jadi, jangan biarkan komputer anda banyak cabut pasang flash drive kotor. Kalo kotor ya bersihin dulu.
8. Gunakan ‘whitelist executeable’ dari opsi gpedit.msc dari run (winkey + R). Petunjuk lihat gambar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa Postingkan komentar.....!!!!!!